Al-Qur’an Berbicara Tentang Keajaiban Air

kejaiban air

Al-Qur’an Berbicara Tentang Keajaiban Air

(baitulmaqdis.com)

وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ ۚ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا

Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, (QS. Al-Furqon:48). Kehidupan manusia punya hubungan erat dan langsung dengan air sepanjang sejarah air menjadi faktor penting dalam membentuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, tanpa air kehidupan menjadi tidak bermakna.

AIR DAN PERANNYA DALAM ISLAM

Air merupakan sumber kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, sepanjang sejarah air menjadi faktor penting dalam membentuk cara hidup manusia, pengembangan teknologi, dan budaya. dimana saja ada air maka sudah pasti disana ada desa dan kota. ayat-ayat alquran dan hadits banyak menekankan pentingnya air sebagai sumber kehidupan manusia. Allah subhanahu wata’ala dalam ayat ke 30 Surat Al-Anbiya’ berfirman: “Dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup.” Secara transparan Allah dalam ayat ini menyebut air sebagai sumber kehidupan “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu. Kemudian kami pisahkan antara keduanya dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiyaa:30)

Dapat dipahami bahwa air menjadi tiang dan pokok bagi kehidupan, air adalah ibu bagi semua fenomena alam, betapa Allah menisbatkan air untuk segala bentuk kehidupdan dan keberadaan, artinya tanpa air kehidupan tak akan ada. Pada abad 20 dunia biologi menemukan 80% penyusunan sel-sel makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan dan mikro organisme adalah air, kehidupan di dunia ini pun baru terbentuk setelah adanya air. Boleh jadi makhluk hidup tidak memerlukan udara atau oksigen akan tetapi tidak ada satupun makhluk hidup yang mampu hidup tanpa adanya air. subhanallah.

Asal muasal air di planet kita yang meliputi hingga 70% dari permukaan bumi masih misterius bagi para ilmuan, banyak yang berpendapat bahwa air tidak muncul bersamaan dengan munculnya bumi, namun objek dari angkasalah yang mengantarkannya ke planet kita. diperkirakan kalau air datang bersamaan dengan terbentuknya planet bumi empat setengah miliyar tahun yang lalu, namun bila itu terjadi maka kemungkinan besar air sudah menguap karena panasnya matahari yang ketika itu masih muda, berarti pilihannya tinggal air datang dari tempat lain.

Selama periode sekitar 4 miliyar tahun lalu yang disebut dengan periode “Late Heavy Bombardment” objek raksasa kemungkinan datang dari luar tata surya menghujani bumi dan planet-planet dalam lainnya. Para astronom berpendapat kawasan yang terdiri dari ratusan ribu asteoroid yang mengorbit matahari diantara planet dalam dan planet luar sebelumnya diyakini terlalu dekat dengan matahari untuk menyimpan air.

Namun, dari bukti-bukti terbaru diketahui bahwa ada es di asteoroid 24 themis yang ada disana. Temuan ini mengindikasikan bahwa kemungkinan ada lebih banyak es disabuk asteoroid dibanding perkiraan sebelumnya yang kemungkinan menjadi sumber datangnya air dibumi. Diantara sembilan planet dalam tatasurya hanya bumi yang diberkahi dengan banyak sekali air dalam keadaan cair karena sangat mungkin jika air yang jatuh diplanet-planet dalam tatasurya galaxy kita seperti markurius, venus, mars masih terlalu panas untuk menyimpan air. subhanallah benar-benar kuasa ilahi.

Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam Surat Al-Mukminun ayat 18 “Kami telah menurunkan air dari langit dalam kadar tertentu, kami diamkan air itu dibumi dan kami mampu untuk menghilangkannya,” nah! semakin jelas bukan bahwa air yang ada di bumi memang berasal dari langit dan atas kehendak Allah subhanahu wata’ala air sebagai sumber kehidupan diberkahkan kepada kita. Sebagai hamba Allah sudah sepatutnya menjaga dan memanfaatkan air sebaik-baiknya.

SIFAT DAN FUNGSI AIR

Dalam kitab suci Al-Qur’an sudah dijelaskan sifat air dan fungsinya seperti al-ma’ul mumthir (air hujan), al-ma’ul furath (air sumur) dan air sungai yang biasa kita minum, al-ma’ul ujaz (air laut yang mengandung kadar garam tinggi).

1. Air hujan, secara ilmiah air hujan hasil penguapan air laut yang membentuk segumpal awan mendung, oleh karena itu air hujan merupakan air yang sangat jernih. Saat air hujan turun ke bumi secara otomatis air hujan membersihkan udara karena kemampuannya menghisap material-material seperti gas dan zat-zat logam lainnya. menurut para ilmuan disela proses itu air hujan tercampur dengan zat-zat kimia dan garam-garam yang mengandung material padat sehingga merubah rasanya menjadi sedikit asam dan asin.

Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa air hujan adalah tetesan-tetesan air hasil penyulingan yang di buat oleh Allah atau yang disebut al-ma’ul mumthir. Air hujan dipercaya mampu mengangkat segala kotoran yang terdapat pada kulit tubuh manusia jauh lebih baik dari pada air biasa, air hujan sangat steril dari berbagai macam virus dan bakteri sesuai dengan karakter air hujan yang sangat baik inilah telah dijelaskan hakikat keistimewaan air hujan dalam firman Allah yang berbunyi “kami turunkan dari langit air yang sangat bersih.” Dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa sifat air hujan yang turun dari langit mampu untuk menyucikan diri manusia serta mampu untuk menghilangkan segala gangguan-gangguan setan dan dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh manusia.

Baca Juga  Situasi Terkini Kristenisasi Lamongan Selatan

2. al-ma’ul furath, air sumur dan air sungai yang biasa kita minum begitulah alquran biasa menyebutnya. Al-ma’ul furath dalam bahasa arab bararti air yang nikmat rasanya, tidak salah lagi air yang nikmat itu adalah air yang segar untuk diminum yang biasa dikonsumsi manusia baik dari sumur atau sungai, dalam alquran air sungai air yang berasal dari mata air atau air sumur disebut dengan segar dan sedap rasanya karena memiliki kandungan logam yang menjadikan rasa air menjadi manis. air yang kita minum baik yang berasal dari sumber mata air, sungai atau sumur adalah air tawar yang berasal dari air hujan yang turun dari langit, dengan keadaan yang sangat jernih dan mengalir memlalui aliran sungai digunung-gunung dan kehendak allah air hujan itu bercampur dengan zat-zat tambang dan garam-garam di bumi yang menjadikan air hujan itu berubah sifat menjadi air tawar yang segar untuk dikonsumsi. Subhanallah syukur alhamdulillah atas segala nikmat yang Allah telah berikan.

Sesuai dengan firmannya Allah telah menamai air sungai yang tersimpan dibawah bumi dan kita minum bagai air yang segar yang sedap rasanya. sedangkan air laut dengan asin lagi pahit yang menunjukkan kadar garam yang berlebihan. “tiada sama (antara) dua laut: yang ini tawar, segar sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit.” (QS. Fathir:12)

3. Allah telah menjelaskan bahwa air laut adalah al-maul ujaj yang berarti air yang terdiri dari kadar garam yang tinggi dan berlebih karena itulah air laut tidak cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman, meskipun demikian air laut mempunya manfaat lain dengan kandungan garam yang sangat tinggi bagi sumber kehidupan dalam laut dan bermanfaat bagi manusia. dalam alquran dijelaskan semua binatang buruan laut dan semua makanan yang berasal dari laut dihalalkan merupakan makanan yang lezat bagi manusia seperti firman allah dalam surat Al-Maidah ayat 96 “maka dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan yang berasal dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu“.

Begitu pula dalam sebuah hadits yang shahih rasulullah bersanbda “sesungguhnya air laut itu bersih airnya dan halal bangkainya untuk dimakan.” Maha Besar Allah yang telah menurunkan air dengan berbagai sifat dan manfaatnya. Air hujan yang diyakini sebagai air yang paling jernih dan bersih yang mampu membersihkan diri manusia serta air sungai dan air sumur yang memiliki rasa sedap dan menyegarkan. air laut yang memiliki kadar garam yang berlebihan dan menjadi sumber kehidupan laut yang menjadikan halal buruan laut serta makanan yang lezat bagi manusia.

Tapi tahukah anda bahwa ada satu rahasia bahwa terdapat air tawar yang tidak tercampur dilautan ? bahkan allah berbicara tentang sungai air tawar dalam lautan. Allah berfirman dalam surat Al-Furqan ayat 53 “dan dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan) yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit dan dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang mengahalangi.” (QS. Al-Furqan:53)

Akhirnya fenomena sungai dalam lautan ini ditemukan oleh ahli kelautan yang bernama Mr. Jacques Yves Costeau yang melakukan penelitian didalam dasar laut, ia menelurusi fenomena bawah laut di Cenote Angelita di Mexico. Saat melakukan penyelaman ia dikejutkan dengan sebuah fenomena alam yang luar biasa, dia menemukan air tawar diantara air laut yang asin penemuan itu membuatnya takjub, bagaimana mungkin air tawar berada terpisah dalam air laut yang asin tetapi itulah kenyataannya yang ia temukan dibawah laut.

Rasa ingin taunya yang besar membuat Mr. Costeau menyelam lebih dalam lagi ia menyaksikan fenomena alam yang lebih mengejutkan lagi, betapa tidak ia melihat ia melihat ada sungai di dasar lautan sampai pada suatu ketika ia bertemu dengan seorang ilmuan muslim dan menjeritakan fenomena yang sangat ganjil itu lalu ilmuan muslim itu ingat pada salah satu surat dalam alquran dan membacakan ayat itu dihadapa Mr. Costeau Surat Ar-Rahman ayat 19-21.

Baca Juga  Subhaanallah, Bunga Ini Mekar Setiap Ada Adzan Berkumandang

Ayat inilah yang akhirnya membuat Mr. Costeau sang penemu sungai di dasar laut itu masuk islam , kebeneran dan keistimewaan Al-Quran telah menuntunnya kejalan yang benar. Maka benar adanya bahwa alquran adalah wahyu Allah melalui rasulnya baginda Muhammad. Fenomena ganjil ini diceritakan 1400 tahun yang lalu lewat Al-Quran dan terbukti sekarang. Sebagaimana firman Allah “aku (muhammad) tidak berbicara sesuai kehendakku sendiri kecuali yang diwahyukan kepadaku” (QS. An-Najm:3-4). Sungai dibawah laut itu ditumbuhi daun-daunan dan pohon, para peneliti menyebut fenomena itu sebagai lapisan hidrogen sulfida. Maha Besar allah atas segala kehendaknya.

Kita mungkin mengira semua lautan di bumi ini mencampur menjadi satu, sama asinnya, sama warnanya dan sama cairnya. Namun ternyata Allah menciptakan lautan dengan karakterisnya masing-masing dan mereka tidak bercampur satu dengan yang lainnya mereka seolah-olah dipisahkan oleh dinding penyekat, inilah salah satu buktinya selat Gibraltar, selat Gibraltar adalah lautan sempit yang berada antara Maroco, Afrika dan daratan Spanyol dan Eropa, selat inilah yang digunakan oleh Thariq bin Ziad dan pasukannya dalam menyebrang ke Eropa dan membuka jalan masuknya Islam ke Eropa.

Di selat ini terdapat tanda-tanda alam yang menakjubkan yaitu pertemuan dua arus yang sangat berbeda yaitu laut laut Mediterania dan samudera Atlantik. Pertemuan dua arus laut ini ditandai perbedaan warna dari kedua lautan air laut dari samudera atlantik berwarna biru lebih terang sedangkan air laut laut Mediterania berwarna biru lebih gelap dan lebih pekat garis batasnya dapat terlihat jelas karena keduanya lautan ini memiliki sifat-sifat air yang amat berbeda dari suhu, kadar garam, kerapatan air yang semuanya berbeda. Ketika keduanya bertemu diselat Gilbraltar karakter air dari masing-masing laut ini juga tidak berubah. Meski sama-sama zat cair namun kedua air dari kedua lautan ini tidak bercampur bahkan air laut Mediterania menyusup sampai kedalaman 1000 meter dibawah samudeta Atlantik dan tetap tidak berubah karakteristiknya. Allahu Akbar, Maha Besar Allah.

Bicara tentang air berarti kita juga bicara juga tentang minuman, dalam islam air konsumsi yang istimewa dan banyak manfaatnya adalah air zam-zam. Air zam-zam adalah air yang bisa memancar di negeri tandus Mekkah berupa mata air yang telah bertahan 4000 tahun lamanya. Kadarnya terus bertambah seiring bertambahnya kaum muslimin ini merupakan mukjizat agung bagi orang yang mau merenungkannya dengan akal yang jernih dan hati yang bening. Melihat unsur-unsur kimiawi air zam-zam yang tidak dimiliki oleh air lainnya bisa dikatakan bahwa air zam-zam adalah air mineral yang sehat dan mengenyangkan.

Kata zam-zam dalam bahasa arab yang berarti banyak atau melimpah, dinamakan zam-zam karena sesuai dengan artinya yang sangat banyak dan sangat melimpah tidak akan pernah habis walaupun kaum mislimin meminum dan mengambilnya dari berbagai penjuru dunia. Nama lain zam-zam bahasa arab ada beberapa barah atau berarti kebaikan, mathmunah yang berarti berharga, hazma jibril yang berarti galian jibril, asy-syafa yang berarti yang menyembuhkan, al-muthu’im yang berarti makanan, syarabul abrar yang berarti minuman orang-orang yang baik, ath-thayyibah yang berarti yang baik.

Sejarah singkat air zam-zam ini adalah hasil dari perjuangan Nabi Ibrahim dan istrinya Siti Hajar dalam mengurus anaknya yang bernama Ismail yang dilakukan dengan sangat penuh kesabaran, salah satunya dengan cara berdoa kepada Allah supaya Allah mendatangkan pertolongan dan jangan sampai menelantarkan kelaurganya sehingga Allah mengabulkan doanya dengan diadakannya sebuah mata air antara Shafa dan Marwa yang kemudian ditemukannya oleh istrinya Nabi Ibrahim yaitu Siti Hajar, oleh sebab itu air zam-zam memeliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh air lainnya.

Ibnu Taimiyyah berkata: “disunnahkan meminum air zam-zam sampai benar-benar kenyang dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya.” Abu dzar Al-Ghifary juga berkata: “Selama tiga puluh hari aku tidak memiliki makanan kecuali air zam-zam aku menjadi gemuk dan lemak diperutku menjadi hilang karena meminum air zam-zam. aku tidak memiliki dalam perutku rasa lapar”. Rahasia air zam-zam tersimpan pada kasiatnya bukan pada materi kongkritnya atas kehendak Allah air zam-zam memiliki semua kelebihan tersebut. subhanallah.

Air merupakan komponen utama dalam pembentukan sel tubuh yaitu sebanyak 70%-85% air berperan penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh seperi darah cairan lambung hormon enzim dan sebagainya. Otak dan darah adalah dua organ yang penting yang memiliki kadar air diatas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90% sementara darah mempunyai komponen air 95%. Air sangat penting bagi manusia karena sel-sel otak merupakan satu bagian tubuh yang membutuhkan makanan dan oksigen dalam jumlah besar dimana makanan tersebut datang melalui darah, tanpa air yang cukup darah akan mengental dan sistem saraf otak menjadi terhambat dan akan menurunkan daya kerja otak yang berpengaruh pada tingkat kecerdasan seseorang.

Baca Juga  Fungsi Sejarah Menurut Al-Qur'an

Jika kadar air dalam tubuh berkurang 1% maka akan timbul rasa haus dan ganguan dalam beraktifitas jika berkurang 2 hingga 3 persen maka suhu tubuh akan meningkat dan timbul rasa haus dan gangguan stamina jika berkurang 4% maka gejala dehidrasi akan tampak kemampuan fisik akan menurun hingga 25% kulit dan gusi pucat dan gejala pusing dan apabila kadar air dalam tubuh berkurang hingga 7% maka seseorang bisa jatuh pingsan hingga menyebabkan kematian. Ma Sha Allah tidak sampe 10% maka manusia bisa pingsan. Maka itulah tubuh manusia punya mekanisme dalam mempertahankan asupan air yang masuk dan keluar, untuk mempertahankan asupan air dalam tubuh manusia membutuhkan kira-kira 2-2,5 liter air atau setara dengan 8-10 gelas perhari asupan air yang mencukupi berkhasiat meredakan demam dan menggantikan cairan tubuh yang hilang, kondisi ini dinilai mampu untuk mendukung proses pemulihan kondisi tubuh disamping itu air putih juga membantu memperlambat tumbuhnya sel-sel kanker serta mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dan hati. subhanallah begitu penting air bagi tubuh kita.

SEBERAPA BESAR MANFAAT AIR BAGI BUMI?

Air di Bumi sendiri secara terus menerus berputar melalui siklus air yang meliputi penguapan dan pendinginan lewat mekanisme hujan dan salju dan mekanisme itu mempunyai jadwal dan perameter yang terkait didalamnya seperti kesanggupan tanah dalam menyerap air, kadar panas matahari yang pas untuk menguapkan air menjadi awan juga membuat awan yang pas menjadi air kembali, bila salah satu parameter itu terganggu maka jawabnya adalah bencana bagi manusia, berkurangnya kesanggupan tanah dalam menyerap air akan menjadi banjir besar bagi manusia.

Meningkatnya panas matahari akibat bocornya atmosfir bumi akan mempercepat menguapnya air didaratan sehingga bencana kekeringan melanda dan mengganggu sistem produksi pangan manusia dan isu paling central abad ini akibat terganggunya sistem siklus air ini adalah Global Warming. Badai yang menghancurkan, gelombang air pasang, tsunami, kelaparan akibat kekeringan akan terus berlanjut meskipun usaha-usaha untuk mengendalikan polusi dan kerusakan lingkungan telah dilakukan.

Bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki kandungan air yang dua pertiga bagiannya diselimuti air tapi taukah anda bahwa air yang layak diminum untuk seluruh pendudul bumi jumlahnya kurang dari 1% dari keseluruhan jumlah air yang ada di bumi 69% merupakan air laut yang tidak bisa dikonsumsi dan hanya ada 3% air tawar tapi dari 3% tersebut 2% nya merupakan air beku yang ada di kutub utara dan kutub selatan sisa satu persen adalah air tanah itupun tidak seluruhnya bersih dan hanya 0,62% yang layak dikonsumsi bagi hampir 7 miliar manusia yang tinggal dibumi. Nah! sudah terbayangkan kalau kekurangan 7% air dalam tubuh manusia bisa berakibat kematian. bagaimana jika air yang layak dikonsumsi dibumi yang hanya ada kurang dari 1% tiba-tiba berkurang dan musnah. Astaghfirullahaladhim

Dalam Islam tidak semua zat cair yang berupa minuman dihalakan untuk dikonsumsi, minuman yang diharamkan itu adalah minuman yang memabukkan, minuman yang memabukkan itu disebut juga dengan istilah khamar. Sebelum datangnya Islam masyarakat arab sudah akrab dengan minuman yang beralkohol yang dalam bahasa arab disebut khamar. pada masa itu kehidupan masyarakat arab tidak lepas dari konsumsi terhadap minuman beralkohol. Ini menyiratkan betapa akrabnya masyarakat arab terdahulu dengan kebiasan mabuk.

Dalam Islam sudah jelas bahwa semua minuman yang memabukkan pasti khamar dan setiap yang memabukkan adalah haram hukumnya. yang harus diperhatikan adalah penggunaan khamar meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit, misalkan sebagai bumbu masakan, sebagai bahan pembuat roti dan kue tidaklah menghilangkan keharamannya sehingga berdosanlah bagi orang yang dengan sengaja membuat atau mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung khamar. Namun sesungguhnya yang dimaksud dengan khamar dalam Islam itu tidak selalu merujuk kepada alkohol, yang disebut khamar adalah segala sesuatu minuman dan makanan yang bisa menyebabkan mabuk. meskipun sejumlah penelitian menunjukkan minuman yang beralkohol memberikan manfaat bagi tubuh namun islam bukan tidak mengetahui sisi manfaat khamar. Dalam pandangan Islam dampak kerusakan khamar dalam kehidupan manusia jauh lebih besar dari pada manfaatnya.

Hal ini dinyatakan dalam Al-Quran Surat AlBaqarah ayat 219 “mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi, katakanlah pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari pada manfaatnya.”

(Khazanah, baitulmaqdis.com/mushalli)

 

Mari Raih Pahala dan Kebaikan !

Dengan membagikan tautan ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki