Skip to content

Program Belajar Cepat Baca Al Qur’an Untuk Muallaf Budha di Menoreh

baitulmaqdis.com – Cabang Yayasan Baitul Maqdis Kulon Progo mengadakan kegiatan palatihan “cara cepat baca Al Qur’an” yang semua ini ditujukan untuk masyarakat Sonyo Jatimulyo kulon Progo, yang mana masyarakat sekitar adalah mantan penganut Budha yang telat berislam, namun mereka buta huruf dalam membaca Al Qur’an. Pemateri untuk acara ini adalah Ust. Umar Taqwim, Selaku pengarang buku Tsaqifah. ( Kulon Progo, 12/12/16 )

Dengan estimasi jumlah 200 peserta, kami juga turut mengundang para Guru, Rais, Guru TPA atau pemuka Kaum sejatimulyo, untuk turut hadir dalam petihan Cara mudah memmbaca Al Qur’an. Dan kami memanfa’atkan tempat kediaman Bpk. Sumijo selaku kepala dukuh sonyo.

Peserta Pelatihan Tsaqifah
Peserta Pelatihan Tsaqifah

“Saya sangat bangga tempat saya dipakai uantuk kegiatan yang sanagat positif, Apalagi kegiatan ini adalah kegiatan yang sanagat bermanfa’at sekali bagi warga Ds. Jatimulyo, Saya Berharap kegiatan YBM bisa memberi perubahan pada desan ini” ungkap Bpk. Sumijo kepada Da’i cabang YBM kulon Progo.

Ciri khas pelatihan Tsaqifah banyak mengundang comentar positif, ” … Pengajiane gayeng tenan e…. (Pengajianya bagus banget yah ) Ungkap salah satu peserta ” … Kulo ko’ dados saget maos arab … Na na na na, Ma ma ma ma, Sa sa sa sa… padahal sedherenge kulo mboten kenal hurupe ( saya ko jadi bisa baca arab, Na na na na, Ma ma  ma ma, Sa sa sa sa, padahal sebelumnya saya tidak kenal hurufnya ) uankapan perasaaan peserta pelatihan.

Acara ditutup pada waktu Dzuhur, dan dilanjutkan oleh kegiatan pelatihan dan pembekalan untuk beberapa calon Mu’alimin/mat ( pengajar ) methode Tsaqifah.

“Semoga Acara ini menjadi bekal para da’i yang berada di jatimulyo, soalnya kami tidak akan selamanya mengajar mereka, agar kaderisasi untuk masa yang akan mendatang ” ungkap Dai YBM Cab. Kulon Progo

Baca Juga  53 % Umat Islam Indonesia Buta Huruf Al-Qur'an, Artis Ini Terketuk Hatinya
pemateri di Acara Pelatihan Tsaqifah
pemateri di Acara Pelatihan Tsaqifah
Tuan Rumah dan Staf cab, kulon Progo, dg pemateri
Tuan Rumah dan Staf cab, kulon Progo, dg pemateri

 

Artikel Terkait