Info TerkiniOur Action

Raker Yayasan Baitul Maqdis 2024

Alhamdulillaah, rapat kerja (raker) Yayasan Baitul Maqdis untuk tahun 2024 telah terlaksana pada Rabu sampai kamis kemari, tepatnya 10-11 Januari 2024. Raker ini dihadiri oleh seluruh pengurus Yayasan Baitul Maqdis yang baru dan relawan yang selalu sigap membantu program-program yayasan.

Raker yang diadakan di kawasan Puncak Bogor ini membahas tentang kepengurusan yang baru, dengan format baru  yang lebih segar dan program-program yang lebih prioritas di tahun 2024. Diantara hasil dari Raker tersebut adalah bahwa 100% dana yang masuk dari donatur digunakan untuk program, tanpa ada potongan untuk operasional kantor atau komisi untuk yang mendapatkan donatur tersebut. Komitmen ini dalam rangka menjaga keberkahan dana yang masuk ke dalam Yayasan.

Adapun program prioritas yang kami canangkan pada kepengurusan baru ini adalah;

    • Mukafaah (biaya hidup) untuk para Dai di pedalaman setiap bulannya,

Diantara faktor terbengkalainya program dakwah di daerah adalah karena kurangnya perhatian kita akan kesejahteraan para pengurus dan dainya, maka ini menjadi prioritas karena mereka adalah ujung tombak bagi perkembangan dakwah di pelosok. Jika ini tidak terpenuhi akan membuat dai terpecah konsentrasi untuk mencari pendapatan diluar tugas utamanya sebagai dai, sehingga membuat program yang ada berjalan tidak maksimal.

    • Tebar dai Ramadhan ke pelosok negeri,

Program yang diadakan di bulan Ramadhan ini menjadi prioritas, karena kebutuhan umat akan dai di bulan ramadhan meningkat. Masjid menjadi ramai karena shalat taraweh dan kajian-kajian keislaman. Sehingga diperlukan dai yang berjaga sepanjang hari untuk menemani ummat agar dapat menjalani ramadhan sesuai dengan perintah Allah dan sunnah Nabi-Nya.

Dan in sya Allah untuk tahun ini, Yayasan berkomitmen untuk memberangkatkan dai sebanyak 30 orang yang akan ditempatkan di beberapa tempat, seperti Kulonprogo, Jogjakarta, kemudian Jepara, Tawangmangu, Sumba Tengah dan Timur di NTT, Cianjur dsb.

  • Tebar hewan Qurban untuk musim haji nanti,
Artikel Terkait  Alhamdulillah, Baksos YBM Sukses Bersama 200 Muallaf Mantan Budha di Bukit Menoreh

Iedul Adha adalah hari raya tahunan bagi umat Islam yang salah satu sunnahnya memotong hewan ternak alias hewan qurban. Dimana syariatnya bagi mereka yang mampu untuk menyembelih hewan untuk kemudian dibagikan kepada fakir miskin. Agar hari raya benar-benar dirasakan oleh semua lapisan umat Islam. Maka, kami juga mencanangkan untuk mengadakan hewan qurban yang kemudian disembelih dibeberapa tempat dimana umat Islam menjadi minoritas dan menjadi sasaran misionaris.

Dan alhamdulillah setiap tahunnya para donatur antusias untuk berpartisipasi dalam program ini. Yayasan pun tidak pernah absen untuk membantu para mualaf atau muslim minoritas di pelosok negeri untuk merasakan syariat yang mulia ini.

    • Hadiah untuk para mualaf yang baru

Para mualaf adalah mereka yang kembali kepada syariat Islam dengan ketundukan dan kesadaran yang penuh bahwasannya tidak ada ilah yang berhak disembah melainkan Allah semata, dan bahwasannya Nabi Muhammad adalah Rasul (utusan)Nya dan penutup para Nabi. Oleh sebab itu perlu disikapi dengan perasaan bahagia, dan untuk menambah kebahagiaan itu mereka berhak mendapatkan hadiah.

Biasanya Yayasan akan memberikan hadiah berupa, seperangkat alat shalat yaitu sarung, baju taqwa, gamis muslimah, juga dengan Al Quran atau iqra’ dan uang tunai senilai mulai 300 ribu sampai satu juta rupiah, mengikuti wilayah dan dana yang tersedia. Dan Alhamdulillah dalam kurun waktu 6 bulan ini saja, kami sudah mensyahadatkan lebih dari 10 orang.

  • Pembinaan dengan kajian online dan offline untuk para mualaf,

Ini adalah program wajib yang kami rancang dan menjadi prioritas dalam kepengurusan yang baru ini. Karena setelah keislaman seseorang, menjadi kewajiban kita yang sudah tahu untuk memberi tahu mereka yang baru masuk, mengajarkan syariat yang belum mengenalnya, dan mengajarkan baca tulis Al Quran sebagai penunjang ibadahnya.

Artikel Terkait  Terompet Berbahan Sampul Alquran Kasus Pelecehan dan Harus Dipidanakan
Suasana raker yang dihadiri oleh para pengurus Yayasan, Rabu-Kamis, 10-11 Januari 2024, Puncak, Bogor.

Banyak yang orang senang untuk mengislamkan saudaranya, tapi tidak banyak yang peduli untuk mengajarkan mereka tentang agamanya. Maka kami rancang program pembinaan sebagai sebuah komitmen kepada Allah bahwa ini bagian dari kewajiban yang diperintahkan oleh-Nya. Alangkah bahagianya ketika kita mengenalkan seseorang kepada Islam yang kemudian bukan sekedar benar islamnya, tapi juga mampu mendakwahkan kepada yang lainnya. masya Allah.

Tentu banyak program lain yang kami bahas pada Raker kemarin, seperti pembangunan rumah quran untuk mualaf, rumah singgah untuk mereka yang menyelamatkan diri dari kejahatan orang yang tidak suka dengan keislamannya, membangun sumur, mendirikan masjid dan lain sebagainya.

Semua itu kami rancang untuk program jangka panjang, sehingga lebih fokus dengan program prioritas yang ada. Oleh sebab itu kami mengajak kepada para pembaca semua untuk mau berkontribusi dalam amal kebaikan ini, yang kelak akan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kita di akhirat.

dan terakhir, kami ucapkan jazakumullah khairan kepada para donatur atau muhsinin yang selama ini sudah ikut membantu dan berdonasi untuk ikut serta dalam program-program yayasan baitul maqdis. Kami hanya bisa mendoakan semoga Allah berkahi harta, usaha dan keluarganya. Dimudahkan segala urusannya dan dimasukkan kedalam golongan orang-orang yang bertaqwa. amiin.

 

 

Related Articles

Back to top button