Skip to content

Anda Bertanya, Muallaf Menjawab (Seri Keenam)

Muslims love Jesus too.
Muslims love Jesus too.

 

Because I Love Jesus
Anda Bertanya, Muallaf Menjawab (Seri Keenam)
Nubuat/Ramalan Kedatangan Yesus

BaitulMaqdis.com — Tulisan ini adalah artikel berseri yang secara langsung ditulis oleh Ust.Insan Ls Mokoginta pakar Kristolog Nasional peraih penghargaan muallaf award, boleh disebarluaskan demi kemaslahatan umat.

Hendrik : Nubuat atau ramalan kedatangan Yesus ke dunia sangat jelas yaitu untuk menyelamatkan umat manusia yang percaya kepadanya. Itulah bukti ajaran ‘kasih’ yang diajarkan oleh Yesus kepada kami.
Muallaf : Memang kami akui ada nubuat atau ramalan kedatangan Yesus dalam kitab Perjanjian Baru, seperti dalam Injil Matius dan Markus, tapi kedatangan beliau hanya sebagai nabi atau rasul yang diutus untuk menyelamatkan kaumnya dari dosa mereka, tidak untuk seluruh dunia atau alam semesta.

Hendrik : Apakah anda bisa buktikan bersama dalil-dalilnya yang tertulis di dalam kitab kami yaitu Alkitab?
Muallaf : Baiklah dengarkan saya bacakan Injil Matius 1:21 “Ia (Maria) akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan dia Yesus, karena dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Jika anda masih kurang yakin, saya bacakan lagi Injil Lukas 1:31 & 33 “Sesungguhnya engkau (Maria) akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai dia Yesus, Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama lama-nya…” Nah berdasarkan Matius dan Lukas, jelas sekali Yesus sebelum lahir sudah dinubuatkan kedatangannya untuk menyelamatkan kaumnya yaitu orang Israel yaitu anak keturunan Yakub yang 12 orang, bukan untuk seluruh manusia di dunia. Makanya kenapa Yesus mengangkat 12 murid, karena bani Israel anak keturunan Yakub ada 12 orang. nantinya tiap murid Yesus akan dia tugaskan untuk menduduki tahta yang akan mengajari dan menyelamatkan keturunan Yakub yaitu bani Israel.

Baca Juga  Intoleransi Lima Pembangunan Masjid Bitung Digagalkan Selama Satu Dekade

Hendrik : Tapi menurut Injil Markus 16:15 Yesus bersabda : “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada seluruh mahluk.” Jika Yesus suruh sebarkan Injil ke seluruh dunia dan kepada segala mahluk, berarti beliau diutus untuk alam semesta kan?
Muallaf : Ketahuilah, bahwa Injil Markus itu hanya berakhir pada ayat 8. Ayat 9 s/d 20 adalah ayat tambahan, karena tidak terdapat dalam manuskrip kuno. Dalam Revise Standard Version ayat tersebut (9 s/d 20) sudah ditiadakan. Berarti perintah Yesus untuk menyebarkan Injil ke seluruh dunia & segala mahluk itu ayat sisipan / tambahan.

Hendrik : Tapi dalam Injil kami ayat itu jelas ada. Dan kami meyakininya itu sebagai suatu kebenaran, bahkan ayat tersebut disebut “Amanat Agung Yesus Kristus”, karena itu merupakan perintah suci yang harus kami lakukan.
Muallaf : Menurut kami, sebenarnya tidak perlu anda lakukan, sebab itu hanaya ayat tambahan. Mustahil Yesus memerintahkan menyebarkan Injil ke seluruh dunia, karena dia hanya diutus oleh Allah khusus untuk menyelamatkan kaumnya saja, yaitu bani Israel. Biar anda yakin, saya minta tolong biarlah Yesus sendiri yang menjawabnya.
Simak apa kata Yesus dalam Injil Matius 15:24 sbb : Jawab Yesus : “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Perlu anda cermati Matius 15:24 diatas itu. Yesus ucapkan saat dia masih hidup & berdakwah. Tapi Markus 16:15 yaitu ucapan setelah beliau mati.

Hendrik : Tapi kami yakin Yesus diutus untuk seluruh manusia di dunia. Makanya beliau mengangkat 12 murid untuk membantu tugas-tugasnya dalam penyebaran Injil.
Muallaf : Anda keliru. Yesus mengangkat 12 murid, bukan untuk membantu penyebaran Injil ke seluruh dunia, tapi ke 12 muridnya itu untuk membantu beliau menyelamatkan umatnya atau kaumnya yaitu orang Israel agar mereka bebas dari dosa dan selamat. Biar anda yakin, saya minta Yesus yang menjelaskannya. Simak apa kata Yesus kepada ke 12 murid dalam Injil Matius 10:5-6 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Bukankah ke 12 muridnya Yesus larang menyebarkan Injil selain kepada orang Israel? Anda kan orang Indonesia, berarti tidak termasuk yang diselamatkan oleh Yesus.

Baca Juga  Dosa waris? Penebus Dosa? Itu Tak Betul

Hendrik : Benar, awalnya pada misinya yang pertama, Yesus ditugaskan untuk menyelamatkan orang Israel. Tapi pada misinya yang kedua, Yesus menugaskan untuk seluruh manusia, seluruh dunia.
Muallaf : Maaf lagi-lagi anda keliru. Mustahil Yesus berbohong. Yesus mengangkat 12 murid, untuk membantu tugasnya dalam rangka menyematkan kaumnya orang Israel. Saya minta biar Yesus yang menjelaskannya, seperti yang beliau katakan pada Injil Matius 19:28 sbb : “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu (12 murid), yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.” Bukankah Yesus bersaksi bahwa 12 muridnya sebagai juruselamat bagi keturunan Yakub yaitu bani Israel? Maaf anda orang mana?

Hendrik : Tidak mungkin Yesus hanya ditugasi menyelamatkan kaumnya saja. Jika tugasnya hanya untuk orang Israel saja, lalu kenapa ada ayat Yesus perintahkan membaptis semua bangsa?
Muallaf : Tapi kenyataannya Yesus sendiri yang bersaksi bahwa dia diutus untuk orang Israel saja (Matius 15:24). Jika ada perintah Yesus untuk seluruh dunia atau segala bangsa, berarti kontroversi. Ayat dimana Yesus perintahkan membaptis semua bangsa dan menyebarkan Injil keseluruh dunia, itu sangat lemath, sebab itu ucapan Yesus setelah dia mati dan bangkit dari kuburnya dan itu beliau ucapkan pada detik-detik terakhir ketika dia meninggalkan dunia. Dalam Injil hasil seminar di Amerika oleh para ahli dari berbagai Universitas terkenal di dunia (The Five Gospels), mereka semuanya para ahli dari berbagai ilmu pengetahuan, mengambil kesimpulan, bahwa perintah membaptis dan menyebarkan Injil ke seluruh dunia, itu bukan ucapan Yesus, atau ‘Jesus did not say this!’ Artinya ‘Yesus tidak mengatakannya’.

Baca Juga  Anda Bertanya, Muallaf Menjawab (Seri Kesebelas)

(Bersambung)

 

 

Artikel Terkait