Skip to content

Yuk Bantu Bina Muallaf dan Dhuafa di Daerah Rawan Pemurtadan

Yayasan Baitul Maqdis adalah yayasan nirlaba yang bergerak di bidang “Antisipasi Pemurtadan, Bina Muallaf dan Dhu’afa”

Di bidang “Antisipasi Pemurtadan” Yayasan Baitul Maqdis menempatkan beberapa da’i/ustadz di daerah rawan pemurtadan. Baik di pilau Jawa seperti Lamongan, Salatiga, Gunung Kidul, Yogyakarta, Garut dan kota-kota lainnya. Ataupun di daerah luar pulau Jawa seperti Nusa Tenggara Timur, Pontianak dan Tapanuli Utara yang seharusnya meliputi seluruh daerah rawan pemurtadan di Indonesia.

Antisipasi pemurtadan ini berada di daerah muslim yang kondisinya sangat lemah dari berbagai aspek kehidupan baik dalam hal ekonomi, ilmu islam dan ilmu umum. Karena rata-rata mereka hanya bekerja sebagai buruh tani, petani kecil yang berpendidikan rendah bahkan putus sekolah. Mayoritas pendidikan mereka hanya sampai SD atau SMP saja. Merekalah muslim dhu’afaa yang perlu mendapatkan perhatian kita baik bantuan materi maupun bantuan pendidikan khususnya pendidikan Islam.

Kondisi masyarakat yang seperti ini adalah termasuk dari golongan fakir miskin yang berhak mendapatkan bagian zakat, infaq dan shodaqoh. Allooh berfirman dalam surat At Taubah ayat 60 yang berbunyi :

إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَاءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ

ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (التوبة : 60 )

Artinya :

Sesungguhnya shodaqoh (zakat-zakat) itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu´allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”. (QS: At-Taubah Ayat: 60)

Namun kenyataannya mereka belum menerima hak-hak mereka baik berupa zakat, infaq dan shodaqoh secara wajar dari ummat islam.

Dalam kondisi seperti itu datanglah para misionaris Nasrani yang menawarkan berbagai macam bantuan. Adakalanya mereka membagi-bagikan sembako, memodali usaha, memberikan beasiswa, menawari pekerjaan, memperbaiki rumah dan lain sebagainya yang jumlahnya tidak sedikit. Semua itu dengan diiringi ajakan supaya murtad dan masuk agama mereka.

Menghadapi keadaan seperti ini Yayasan Baitul Maqdis tidak mungkin datang hanya mengajak mengaji saja, akan tetapi harus memberikan bantuan juga sebagaimana misionaris Nasrani memberikan bantuan meskipun jumlahnya tidak mesti sama dengan mereka. Inilah kesulitan mendasar yang dihadapi Yayasan Baitul Maqdis dan ini seharusnya juga menjadi tugas kaum muslimiin.

Perlu diketahui bahwa Yayasan Baitul Maqdis bukanlah lembaga atau badan pengumpul zakat, infaq dan shodaqoh, juga bukan yayasan profit. Yayasan Baitul Maqdis sementara ini mendapatkan dana hanya dari relawan Jama’ah Pengajian yang diasuh oleh Ustadz Drs. Widjaja Rahmat.

Adapun dalam “Bina Muallaf”, Yayasan Baitul Maqdis membina muallaf secara kontinyu, yaitu dengan mengadakan pengajian rutin dan bantuan rutin meskipun ala kadarnya. Seperti, pengadaan sembako, pakaian, modal usaha, pengobatan gratis, buku-buku islam, mushaf Al-Qur’an dan lain sebagainya.

Jumlah muallaf yang perlu dibina Yayasan Baitul Maqdis di Jakarta/Bekasi berjumlah 62 KK, di NTT berjumlah 157 orang, sedangkan di Kalimantan Barat ada ribuan muallaf dan daerah- daerah lainnya di Indonesia yang belum bisa kami tangani dikarenakan kurangnya tenaga da’i disebabkan keterbatasan dana. Tanpa adanya penanganan yang serius dan memadai dari kita, maka akan dikhawatirkan mereka akan kembali lagi kepada agama semula.

Dua jenis masyarakat yang ditangani Yayasan Baitul Maqdis itu manakala digabung akan menjadi “Muallaf dan Dhu’afaa”. Maka salah satu Program Kerja Yayasan Baitul Maqdis adalah berkonsentrasi dalam Antisipasi Pemurtadan, Bina Muallaf dan Dhu’afa

Mari dukung program ini dengan berDonasi melalui :

Bank Syariah Mandiri 💳
a.n. Yayasan Baitul Maqdis
No Rekening : 7200.7100.15

Konfirmasi Donasi :
0852.3803.4514 (Tlp/WA)