Mukjizat, Black Hole Sudah Dikabarkan Dalam Al-Qur’an, Masih Tidak Mau Masuk Islam?

Ilustrasi Black Hole

Ilustrasi Black Hole

Black hole atau lubang hitam merupakan benda angkasa dengan kekuatan gravitasi sangat besar. Penemuan black hole pun menjadi satu penemuan besar dalam bidang astronomi. Sebelumnya tidak ada bayangan sama sekali tentang adanya lubang hitam dengan kekuatan sangat besar ini. Namun, setelah ditemukan adanya black hole kemudian munculah asumsi bahwa lubang hitam termasuk bintang yang tak terlihat karena tidak memancarkan cahaya sama sekali. Black hole diyakini terbentuk dari bintang yang terlihat gelap karena kehabisan bahan bakar sehingga bintang tersebut tidak terlihat. Secara lebih lanjut black hole pun masuk dalam tahapan kelahiran bintang.

Black Hole Sudah Dikabarkan Dalam Al-Qur’an

Faktor lain yang menyebabkan black hole tidak terlihat yaitu karena gravitasi yang super besar yang saking besarnya dirasa cukup kuat menarik cahaya. Selain memiliki gaya gravitasi yang besar, black hole memiliki massa yang besar pula. Massa besar yang dimiliki black hole ini pun diduga menjadi sebab besarnya gravitasinya. Akan tetapi, ada satu hal unik terkait massa besar black hole ini. Meskipun black hole memiliki massa yang amat besar, ukurannya cukup padat. Bila ditemukan black hole dengan berat matahari, maka ukuran black hole tersebut hanya memiliki diameter 3 km saja. Cukup padat bukan. Sementara black hole yang sebenarnya diketahui memiliki diameter 31 km dengan massa 1031. Dengan demikian sangat wajar bila gravitasi black hole super besar.

Tanda Tanya Besar Tentang Black Hole

Adapun satu tanda tanya besar yang masih menjadi misteri sebagian besar orang yaitu bagaimana cara ilmuwan bisa melakukan identifikasi benda langit yang disebut black hole tersebut. Seperti yang disampaikan di atas, black hole tidak bisa terlihat karena tidak ada pancaran cahaya sama sekali. Lalu bagaimana cara meneliti sesuatu yang tidak bisa dilihat? Tidak perlu bingung karena ada satu ide brilian yang dapat menujukkan bahwa black hole berjalan di ruang angkasa dan memiliki ukuran tertentu. Ide apa yang dimaksud?

Baca Juga  Larangan Bayi Keluar Rumah Menjelang Magrib, Masuk Logika Ilmiah

Saat black hole bergerak di ruang angkasa dan melalui sebuah bintang, cahaya bintang yang dilalui black hole tersebut akan tertutup dari pengamatan manusia di bumi. Kondisi ini bisa dibilang mirip dengan fenomena gerhana matahari. Setelah ide tersebut diujicobakan sungguh terbukti benar adanya. Sejumlah ilmuwan yang melakukan penelitian pun dibuat takjub dan sepakat bahwa cahaya dari bintang tertutup oleh black hole yang sedang melintas. Pancaran cahaya bintang yang dilewati black hole akan tetutup untuk selang waktu tertentu. Setelah black hole lewat, pancaran bintang yang tertutup akan kembali terlihat oleh pengamat di bumi.

Black hole sudah dikabarkan dalam Al-Qur’an yang sudah dituliskan sejak dulu. Tetapi bagi sejumlah ilmuwan yang bisa dibilang skeptis tentang apa yang tertulis dalam Al-Qur’an terus saja melakukan penelitian untuk mendapat bukti dan penjelasan lebih lanjut terkait black hole. Dan benar saja, hasil penelitian ilmiah yang diyakini sampai saat ini terkait black hole yang memiliki ciri tidak terlihat, bergerak di ruang angkasa, dan memiliki gravitasi besar sebenarnya sudah tertulis dalam Al-Qur’an. Lalu bagaimana penjelasan black hole dalam Al-Qur’an?

Black Hole dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab pembenar dan pelengkap dari kitab-kitab yang sebelumnya. Merupakan petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Di dalam Al’Qur’an tidak ada keraguan sedikit pun. Terdapat ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa didapat dari Al-Qur’an. Terdapat pula banyak misteri yang terungkap dalam Al-Qur’an misalnya saja misteri tentang pembuatan piramid kuno di Mesir.

Adapun ulasan tentang black hole yang membuat para ilmuwan kewalahan dan bekerja keras ternyata juga sudah tertulis jelas dalam Al-Qur’an yang sudah ada sejak 1400 tahun silam. Tepatnya di dalam QS. At-Takwir ayat 15-16 yang artinya yaitu:
“Aku bersumpah demi bintang yang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.”

Baca Juga  Mukjizat Islam : Keajaiban Fenomena Adzan di Seluruh Dunia

Kata-kata yang ditulis tebal di atas tentunya sama persis dengan ciri-ciri black hole yang ditemukan melalui kajian ilmiah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dimana black hole tidak terlihat, bergerak di ruang angkasa, dan memiliki gravitasi yang sangat besar. Dikatakan bintang yang tersembunyi karena black hole tak terlihat. Adapun kata bergerak dan menyapu mengacu pada gaya gravitasi super besar yang dimiliki black hole. Sudah sangat jelas bukan.

Tentunya semua ini merupakan bukti kuasa Allah SWT. Sungguh kitab Al-Qur’an menjadi firman Allah SWT, Tuhan yang mengetahui segala rahasia bumi dan langit. Tidak ada cacat satu huruf pun dalam Al-Qur’an. Sehingga benar-benar Al-Qur’an menjadi surat cinta untuk umat muslim yang patut disyukuri. Tentu penjelasan kali ini cukup memuaskan dan dapat menjawab rasa penasaran para pecinta kumpulan misteri tentang black hole sudah dikabarkan dalam Al-Qur’an. (Alkuin/BaitulMaqdis.com)

Sumber : Log.Viva.co.id

Mari Raih Pahala dan Kebaikan !

Dengan membagikan tautan ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki